Jumat, 26 Februari 2016

Pelaksanaan Penataan Batas desa di 35 desa di Kec. Kumpehulu dan Kumpehilir Kab. Muaro Jambi telah dimulai



Notulensi
Pertemuan antara Konsultan Abt Associatess dengan Bappeda Jambi
Jumat, 26 Februari 2016
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
1.       Sambutan Bpk. Safik: Tahap sampai hari ini sampai tahap 4. Orientasi dan Pembekalan Tim Teknis Kecamatan sudah dilakukan beberapa hari yang lalu. Dilanjutkan kegiatan sosialisasi di tingkat kecamatan.
2.       Sambutan Bpk. Budi Harton o Asisten 1: Setelah ada kegiatan Orientasi Tim Teknis Kecamatan , kami optimis bahwa kegiatan ini pasti dilaksanakan. Kami ucapkan terimakasih kepada MCA-Indonesia, Abt Associatess dan WARSI atas adanya kegiatan ini. Hal ini akan mengurangi beban kita. Dalam kegiatan inioperasional ke lapangan akan didukung namun tidak ada honor. PMAP 1 merupakan kegiatan yangprestisius, kta akan menuntaskan batas desa di 35 desa yang ada di 2 kecamatan. Kegiatan ini semua instansi terkait terlibat, bappeda, kehutanan, perkebunan, tata kota, dlsb. Kegiatan ini aka nada sosialisasi di tingkat kecamatan.Batas desa sering menimbulkan konflik untuk itu dengan kegiatan ini sangat membantu Pemerintah Daerah.
Implementasi Penataan Batas Desa Kab. Muaro Jambi

3.       BPMPD: Mohon Penjelasannya, menurutt jadwal yang disepakati, bulan 1 minggu 3 harus sudah rapat di tingkat kecamatan. Bahkan Membentuk tim kerja desa. Langkah langkah apa yang kita lakukan dengan keterlambatan ini. Untuk memudahkan koordinasi tim kabupaten sampai tim tingkat desa, kami mohon untuk menyampaikan kepada kita semua tentang bagan struktur tim lapangan?
4.       Bappeda kabid Fisik: Rencana kerja mohon disampaikan? Tim verifikasi di tingkat kabupaten jangan sampai digugat dengan masalah hukum? Ada semacam ceklis untuk melakukan verifikasi dengan benar. Terkait jadwal, mudah budahan kabupaten tahu sehingga tahu juga persoalan di lapangan.
5.       Jawaban : RKTL dalam waktu dekat mendatang adlah: Mobilisasi tim Teknis Kecamatan yang mendampingi 35 desa pada Minggu 1 Maret 2016; Sosialisasi di tingkat kecamatan pada Minggu 2 Maret 2016; Pembentukan Tim Kerja Desa pada Minggu 2 dan 3 Maret 2016; Kompilasi data dan Informasi Geospasial Minggu 1 – 4 Maret 2016; Kompilasi Peta Desa di tingkat Kecamatan Minggu 1 – 4 Maret 2016; Lokakarya 1 Penetapan dan Penegasan Batas Desa pada Mg 1 april 2016; Pertemuan dan Pembahasan Teknis di tingkat Desa pada Minggu 2 april – Mg 1 Mei 2016; Pengumpulan data dan Informasi tentang batas desa pada Minggu 2  april – Mg 1 Mei 2016; Identifikasi dan Meiasi Perselisihan batas desa pada Minggu 2  april – Mg 1 Mei 2016; lokakarya ke 2 Tentang Penetapan Batas Desa pada Minggu 2 Mei 2016, Finalisasi Periode Lapangan untuk penegasan dan Peletakan Tanda Batas Desa pada Minggu 3 Mei – Minggu 2 Juni 2016;Penyiapan Berita acara akhir Kegiatan Penetapan dan Penegasan Batas Desa pada Minggu 3 Mei – Minggu 4 Juni 2016; Verifikasi Hasil Penetapan dan Penegasan Batas Desa pada Minggu 1 Juli – Mg 2 Juli 2016,  dst. Setiap item kegiatan dalam Time line tersebut ada penanggungjawab kegiatan dan pihak pihak yang terlibat baik dari MCA-Indonesia, Abt associates, SKPD terkait, Tim Teknis Kecamatan, Tim Pelaksana Desa,dan sebagainya.
6.       Dalam Pelaksanaan oleh Konsultan Abt Associatess dan Warsi. Di tim PMAP 1 ada beberapa anggota tim dari Tim Leader, GIS teknision, Adminitration staff,  Data base di masingmasing kecamatan, 12 orang Tim Teknis Kecamatan (SCF/social Community Facilitator) 1 orang mendampingi 3 desa,dll.
7.       Dinas Kehutanan: Mohon agar memperhatikan batas desa dengan kawasan hutan.
8.       Apakah desa wajib membuat peta desa? Apa cukup sketsa desa?
9.       Bappeda akan mengeluarkan SK Tim Teknis Kecamatan PMAP 1.
10.   Informasi dari BPMD: Kumpe Ilir dan Kumpe Ulu sudah ada Peta sketsa desa.
11.   Mr. Jeff: Mudah mudahan Tim dapat bekerjasama dengan baik. Merangin, Jangkat Timur, Mamaju telah berhasil dilakukan , semoga juga di Muaro Jambi ini juga bisa berhasil dengan hasil yang cukup baik.
12.   Asisten 1: sudah kita lakukan diskusi hari ini, beberapa hal yang perlu digaris bawahi:1). Secara teknis tdak perlu diragukan lagi, personil, perlengkapan alatm Pengetahuan b). Perlu digaris bawahi bahwa ini kesempatan yang baik untuk dimanfaatkan, c). Program kemakmuran hijau ada juga windows lain yang saling mendukung. d).Koordinasi dan komunikasi sangat penting, e).surat tugas akan kita buatkan surat pengantar.


                                                                                           *******

Tidak ada komentar:

Posting Komentar