Rabu, 17 Februari 2016

Assessment Kegiatan PMAP2 oleh LEI



MCA-Indonesia TANJABTIM-MUARA SABAK, Selasa 16 Februari 2016 Konsultan LEI melakukan kunjungan  ke Kabupaten Tanjung Jabung timur – Jambi ke 3 kantor yaitu: BPN, Kantor Perijinan, & BPS. Kegiatan ini sebagai serangkaian kegiatan PMAP2 di Kab. Tanjung Jabung Timur dan Kerinci. Beberapa point penting yang didapat untuk pengembangan tata guna lahan di kunjungan di adalah sebagai berikut:
KEGIATAN DI BPN KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR – JAMBI
Kegiatan PMAP2 oleh LEI di Kantor BPN Kab. Tanjung Jabung Timur
1.       Staff PN pernah belajar GIS, memang di BPN kita masuk dunia GIs baru beberapa tahun ini, dulu baru pemetaan dasar. SDM BPN Tanjabtim masih kurang. Peningkatan kemampuan kita di bidang software sangat menarik sekali. Dengan SDM kuranhg kami tidak bisa mengikuti hal hal yangbaru. Staff BPN ada 30 orang. Yang punya keahlian GIS hanya ada 1 orang.
2.       Salah satu output dari program ini adalah akan memberikan pelatihan. Apasita building pertama pada staff Bapeda terlebih dahulu di bidang GIS, IT, tata ruang yang persisi sesuai kebutuhan Kab. Tanjung Jabung Timur. Selain Bapeda , SKPD lain juga akan diberikan pelatihan. Staff kami akan ditempatkan di lapangan yang berbasis di kabupaten sehingga akan memudahkan komunikasi dengan staff bapeda dan SKPD terkait. Pelatihan akan dilakukan selama 6 bulan.
3.       Hubungan Bapeda dengan BPD terkait data langsung nge-link ke BPN Pusat secara otomatis dengan password dan kode tersendiri.
KEGIATAN DI KANTOR PERIJINAN KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR-JAMBI
Kegiatan PMAP2 oleh LEI di Kantor Peijinan Kab. Tanjung Jabung Timur
1.       Ada sekitar 35 jenis perijinan yang menjadi tanggung jawab kantor perijinan Kab. Tanjung Jabung timur. Belum One top Service, karena organisasi kita kantor ketika akan mendelegasikan ke instansi yang lebih tinggi akan kurang pas. Saat ini sedang membuat aturan baru atau membenahi regulasi sesuai dengan apa yang menjadi kapasitas kita ambil dan apa apa ijin yang dikembalikan. Ijin yang kami terbitkan seperti: surat ijin tempat usaha, ijin reklame, ijin usaha perkebunan baik industry pabrikan maupun pengolahan, ijin apotik, ijin lokasi, ijin mendirikan bangunan.
2.       Kalau ijin skala keil di lakukan di Kantor Perijinan ini, namun kalau besar menyangkut tata ruang akan dikoordinasikan dengan BPN.
3.       Sistim informasi berbasis internet akan sangat sangat membantu.
4.       Penerbitan ijin praktek telah dikembalikan ke Dinas Kesehatan.
5.       Ijin untuk mendapatkan HGU masih ditangani BPN.
6.       Rata rata Kantor Perijinan Kab. Tanjung Jabung Timur telah mengeluarkan ijin 30 ijin/bulan. Sejak tahun 8150 ijin telah kita keluarkan sejak Juli 2008 sampai tahun 2008.
7.       Ijin tambang yang mengeluarkan adalah dari dinas ESDM.
8.       Harapannya adalah adanya pengecekan langsung, ketika klik bisa langsung diketahui bahw a wilayah tersebut sesuai kawasan.
KEGIATAN DI KANTOR BPS KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR-JAMBI
 
kegiatan PMAP2 oleh LEI di Kantor BPS Kab. Tanjung Jabung Timur
1.       Survey Batas desa dilalukan per blog.
2.       Gambar batas desa per blog kemudiandikirim ke pusat.
3.       Server sudah ada namun pemakaiannya belum bisa, dikirim ke propinsi baru oleh propinsi dikirim ke pusat.
Ditulis: Sudarmanto (DRM MCA-Indonesia Tanjungng Jabung Timur) *****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar