Senin, 07 Maret 2016

FGD “Policy dialogue” untuk menyusun Policy Paper dan Policy Brief Jumat, 7 Maret 2016



Notulensi
FGD “Policy dialogue” untuk menyusun Policy Paper dan Policy Brief
Jumat, 7 Maret 2016
Golden Harvest Hotel (Diamond Room) Jl. Pattimura Jambi
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
FGD “Policy dialogue” untuk menyusun Policy Paper dan Policy Brief
Jumat, 7 Maret 2016
1.       Pembukaan Rektor Jambi diwakili oleh Pembantu Rektor, Universitas Jambi yang tergabung dalam 7 univeristas konsorsium PETUAH. Petuah mempunyai beberapa program membangun pusat unggulan. Dengan pusat unggulan akan membantu masyarakat mengembangkan pengetahuan hijau yang berguna bagi kesejahteraan masyarakat. Dengan Petuah diharapkan pemanfaatan Sumber Daya alam di Indonesia dapat dikembangkan. Ada 2 yang dibahas oleh Unja dan Unsri hari ini yaitu Pusat Unggulan Wachyd dan PLACE.
2.       Ibu Rosyani, Focus dan Jangkauan Policy Dialoque mencakup ISPO RSPO, Micro Hydro dan PME. Ekonomi tumbuh namun lingkungan juga terjaga. Pertanian dan Perkebunan dibangun namun tetap ramah lingkungan. Bpk. Gubernur mensuport kegiatan ini untuk masuk dalam RPJM Provinsi Jambi. Bagaimana agar kegiatan ini bisa berkelanjutan.  Tanggal 26 -27 Maret akan kedatangan MCA-Indonesia terkait Policy Kebijakan. Kelompok Perkebunan di Provinsi Jambi ada yang sudah mendapatkan pengakuan dunia Internasional karena menjalankan metode perkebunan yang ramah lingkungan, yaitu Gapoktan Tanjung sari Kab. Merangin. Selain itu mereka juga mempunyai administrasi yang lengkap. Dari sisi kelembagaan sudah mantap. Petani dibangun menjadi petani yang mempunyai SDM yang setara dengan perusahaan. Sistim Integrasi Sapi Sawit dijalankan oleh kelompok ini.
3.       POME ditijau dari sisi Kebijakan, Dr. Drs. Nazwir,MSi,  Tujuan POME adalah lingkungan lestari. Dengan Pembangkit listrik leimbah akan bermanfaat. Penanganan limbah yang sekarang sedang digalakkan adalah dengan memakai  metode 3R. SUSTAINABLE ISSUE :  Untuk menciptakan produksi ramah lingkungan  yang berkelanjutan maka diperlukan penanganan terhadap limbah cair yang dihasilkan dari proses produksi Pabrik Minyak Kelapa Sawit.  Selama ini Palm Oil Mill Effluent ( POME) yang dihasilkan dari pengolahan TBS yang berupa POME ditampung dalam kolam-kolam tanpa ada perlakuan untuk meminimalkan Gas Rumah Kaca . Biogas plant merupakan suatu sistem yang bertujuan untuk memproduksi Methane (CH4) yang sebanyak-banyaknya melalui proses fermentasi dari aktifitas bakteri anaerobic. Biogas adalah Biogas dihasilkan dari penguraian anaerobik dari bahan organik yang terjadi dalam fermentor,Penguraian anaerobik berarti substrat membusuk dan dengan bantuan mikro organisme tanpa adanya oksigen,Biogas terdiri dari methane, carbon dioxide, hydrosulphide dan uap air,Selain biogas, air dengan sisa organik dan anorganik dihasilkan juga.

4.       Microhydro: Energi Terbarukan dan dukungan Kebijakan. Prof. Dr. Kafrawi,MSI (UNSRI), Microhydro power adalah Pembangkit listrik tenaga air. Aliran sungai di daerah tinggi sangat cocok untuk pembangunan Microhidro. Dengsn lidtrik akan membantu menggerakkan sector ekonomi. Tehnologi microhidro tidak merugikan aliran air, karena air yang dipakai untuk menggerakkan kincir dialirkan kembali ke sungai bagian hilir.
5.       Apakah Mikrohidro merupakan solusi yang ekonomis?
6.       Bagaimana pemanfaatan listrik bisa digunakan sebaik baiknya kesejahteraan masyarakat.
7.       Bappeda Merangin, Banyak contoh Mikrohidro di daerha kerinci, apa benar mikrohidro memberikan pengaruh terhadap kelestarian lingkungan?
8.       Perlunya legalisasi mengenai CPO. Pegelolaan HTR harus mau mengikuti aturan pemerintah. Sebelum membangun hydropower sebaiknya perlu memberitahu SKPD dahulu, langkah apa yang harus dilakukan? Perlu dilihat di daerah hulu tentang derasnya air, untuk menghindari arus terlalu besar atau kecil.
9.       RSPO, Perusahaan melakukan secara sawit sukarela, bagaimana menjaga kelestariannya? Menyangkut kbijakan dan kompensasi, terutama kepada masyarakat dan perusahaan, kalau perlu auditor dibiayai oleh pemerintah misalnya.
10.   Capaian pendamping gapoktan adalah kemajuan petani dalam bertani dan berkebun.
11.   Indonesia termasuk penghasil CPO terbesar di dunia dan juga berpotensi menyelamatkan kerusakan lingkungan. Perlunya berkoordinasi dengan PLN terkait masalah POME. Kebijakan Daerah harus bersinergi dengan kebijakan pusat.
12.   Kesimpulan: Setelah acara ini, Tim akan mencoba untuk mensintesa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar