Selasa, 15 Desember 2015

Reservasi Ke-Hijau Berbak (250.000 ha lahan gambut terbesar se Asia Tenggara)



Dalam rangkaian kegiatan COP21 di Perancis, Indonesia mengukuhkan komitmennya dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca.
Ketua Lembaga Wali Amanat MCA-Indonesia, Bapak Lukita D. Tuwo (Sekretaris Menko Perekonomian) tengah menghadiri COP di Paris bersama dengan delegasi Indonesia untuk menyampaikan komitmen Pemerintah Indonesia dalam mitigasi kerusakan bentang alam di Indonesia.
Melalui kerjasama MCA-Indonesia dengan Euroconsult McDonald, proyek Kemakmuran Hijau di bentang alam Berbak, Provinsi Jambi yang merupakan reservasi Lahan Gambut terbesar di Asia Tenggara akan diluncurkan. 
Proyek ini mendukung pengurangan emisi gas rumah kaca serta memitigasi kebakaran hutan gambut dengan cara land zoning, rehabilitasi hydrological, serta managemen air untuk menyediakan dasar bio-physical untuk pengurangan emisi gas rumah kaca dan penguatan kegunaan lahan. 
19,500 orang akan mendapatkan manfaat langsung dari proyek ini, setengahnya adalah wanita. Penerima manfaat akan diberikan akses kepada praktik pertanian yang lebih baik, serta akses terhadap pasar dan pembiayaan, juga bantuan untuk mendapatkan sertifikasi keberlanjutan


Top of Form
Lahan Gambut di Indonesia: Konteks
• Indonesia memiliki daerah terbesar ketiga hutan hujan tropis di planet ini
• 68% dari daratan Indonesia ini (131.300.000 ha) ditutupi oleh hutan
• 85% dari emisi gas rumah kaca Indonesia yang berasal dari kegiatan penggunaan lahan; dengan 37% akibat deforestasi dan 27% akibat kebakaran gambut (2010)

Pemerintah janji di Indonesia (2009):
• untuk memotong emisi gas rumah kaca sebesar 26% di Indonesia
• dan 41% dengan dukungan internasional pada tahun 2020

Pemerintah kebijakan di Indonesia
• Peraturan Presiden 61/2011 tentang rencana aksi nasional untuk mengurangi gas rumah kaca
• Keputusan Presiden 10/2011 tentang hutan primer dan lahan gambut perbaikan tata kelola dan moratorium izin baru
• Peraturan Menteri Kehutanan 30/2009 tentang mekanisme untuk mengurangi emisi dari deforestasi dan degradasi
• Peraturan Pemerintah 71/2014 tentang perlindungan dan pengelolaan ekosistem lahan gambut
• Saat ini pemerintah sedang merevisi peraturan presiden tentang persediaan gas rumah kaca dalam upaya untuk mencapai terpadu, komprehensif dan dapat diandalkan set data gas rumah kaca.

Tentang Taman Nasional Berbak
• Terletak di provinsi Jambi, pulau sumatra, Indonesia
• The 2nd terbesar cadangan rawa gambut di asia Timur selatan
• 162.700 ha
• Diakui sebagai Ramsar lahan basah penting internasional
• rumah bagi berbagai berbagai flora dan fauna termasuk spesies langka dan terancam punah; harimau sumatera dan Tapir Asia

Tentang KeHIJAU Berbak Proyek
Tempat
• 2 Kabupaten: Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Timur
• 5 sub-distrik: sungai Gelam & Kumpeh (Muaro Jambi), Rantau Rasau, Berbak, Nipah Panjang, Sadu (Tanjung Jabung Timur)
• meliputi:
  Taman Hutan Raya; Perlindungan Hutan; 2 konsesi penebangan komersial dan
16 perkebunan kelapa sawit

Nilai proyek
USD 17 juta:
• MCA-Indonesia USD 8,5 juta
• Para pendukung USD 8,5 juta

Lokasi proyek
250.000 ha


Pengurangan emisi
Proyek ini akan mengakibatkan pengurangan emisi setidaknya
6.354.192 tC atau 23.298.702 tCO2
di tahun 2035

Penerima manfaat yang ditargetkan
• 19.500 orang
• setengahnya (9750 orang ) adalah perempuan
• 2.700 orang adalah anggota dari kelompok rentan

Manfaat
• meningkatkan hasil karet, padi, budidaya; dan
perusahaan pedesaan diversifikasi untuk aplikasi. 7.000 petani kecil
• meningkatkan hasil kelapa sawit dan akses pasar melalui sertifikasi untuk aplikasi. 10.000 petani
• peningkatan pendapatan usaha melalui peningkatan rantai penggunaan lahan, produksi dan pasokan
Mengurangi emisi gas rumah kaca

18 anggota Konsorsium sebagai pelaksana program terdiri dari
1. EMM
Euroconsult Mott McDonald telah melakukan lebih dari 200 proyek di Indonesia, dimana lebih dari setengah fokus pada rendah karbon dan daerah rawa di sepanjang daerah pesisir sumatra, Kalimantan dan Papua.
sebagai mitra utama, Euroconsult Mott McDonald akan mengawasi semua aspek proyek, termasuk administrasi, manajemen keuangan, pemantauan dan
evaluasi, pelaporan ke MCu-Indonesia dan koordinasi proyek.

2. SNV Indonesia
SNV memiliki keahlian teknis dan pengalaman yang luas di asia untuk membantu mendukung Pemerintah Indonesia untuk mencapai target mereka.
SNV Indonesia bekerja di tiga sektor utama: air dan sanitasi, energi terbarukan dan pertanian.

3. Zoological Society of London di
Masyarakat Zoological adalah internasional ilmiah, konservasi dan amal pendidikan yang misinya adalah untuk mempromosikan
dan mencapai konservasi di seluruh dunia hewan dan habitatnya. daerah geografis pengalaman menjadi Jambi dan provinsi sumatra selatan, dengan Berbak nasional Park, di mana ia memiliki
telah bekerja sejak tahun 2007, area fokus untuk upaya konservasi ditargetkan ZSL dan penelitian.

4. Deltares
Deltares adalah terkemuka, tidak-untuk-profit yayasan, independen, lembaga penelitian berdasarkan Dutch- dan spesialis  konsultasi dalam hal yang menyangkut air, tanah dan bawah permukaan. Membangun bertahun-tahun mereka pengalaman hidrologi di lahan gambut indonesia, Deltares tidak menasihati, perencanaan, dan pengawasan semua pemantauan hidrologi, penilaian dan rekayasa, termasuk pemblokiran kanal dan penginderaan jauh.

5. Althelia Dana Iklim
Althelia Dana Iklim investasi di konservasi ekosistem dan agroforestri yang berkelanjutan, menerapkan terbaik di kelasnya sosial, lingkungan dan tata kelola (ESG) kriteria. Pengembalian dihasilkan melalui produksi dan penjualan aset riil (dalam bentuk yang berkelanjutan pertanian dan komoditas lunak seperti kakao dan kopi bersertifikat, FSC kayu dll), serta aset lingkungan saat ini undervalued (termasuk
pengurangan emisi karbon dan pembayaran lainnya untuk jasa ekosistem seperti keanekaragaman hayati dan air) ke beberapa pelengkap pasar pertumbuhan yang tinggi.

6. IDH PERDAGANGAN BERKELANJUTAN
IDH mempercepat dan up-skala perdagangan yang berkelanjutan dengan membangun koalisi berorientasi dampak depan berjalan multinasional, masyarakat sipil organisasi, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya. Melalui mengadakan publik dan swasta kepentingan, kekuatan dan pengetahuan, program IDH membantu menciptakan nilai bersama untuk semua mitra. Ini akan membantu membuat keberlanjutan norma baru dan akan memberikan dampak pada tujuan Pembangunan Milenium.

7. ISCC
ISCC adalah sertifikasi global terkemuka sistem meliputi seluruh rantai pasokan dan semua jenis bahan baku biobased dan energi terbarukan. pihak ketiga yang independen sertifikasi memastikan kepatuhan dengan
keberlanjutan ekologis dan sosial yang tinggi persyaratan, emisi gas rumah kaca tabungan dan traceability seluruh rantai pasokan.

8. Prosympac Agro Lestari Prosympac adalah perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi, manajemen proyek, EPCI dan keberlanjutan dalam pengaturan Palm industri dan minyak & Gas. Disain
dan pengembangan sistem manajemen di Indonesia, yang meliputi pelaksanaan iso 9001, iso
14001, iso 22000, iso 17025, iso 17021, OHSAS 18001, ISO22000, GMP dalam industri dan juga persiapan dan sertifikasi ISCC. Prosympac memegang beberapa lisensi produk terkait solusi pemanasan, Refinery, dan Methane Tangkap Teknologi.

9. UK Perubahan Iklim Satuan
Tujuan dari UKCCU adalah untuk mendukung Indonesia dalam memenuhi nya nasional tujuan dan sasaran pada karbon rendah, pembangunan berkelanjutan (termasuk kehutanan dan penggunaan lahan perubahan) dan pada pencapaian global progresif berurusan melalui iklim internasional negosiasi. dalam melakukan ini, pekerjaan yang UKCCU mendukung internasional prioritas Rencana Carbon Inggris (2011).

10. Pusat Penelitian Perubahan Iklim
Universitas Indonesia . Universitas Indonesia (Ui) memiliki pengalaman yang luas dalam pengembangan pengetahuan studi indonesia. Pusat Penelitian ui untuk Iklim Perubahan tidak penelitian dasar termasuk keanekaragaman hayati dan perubahan iklim, gas dan kimia yang terkait dengan perubahan iklim, curah hujan regional dan variabilitas suhu dan ilmu antropogenik. Ui tidak penelitian termasuk desain dan teknologi pemahaman, desain penyelesaian, penggunaan energi alternatif, panas bumi, matahari dan windfall diterapkan.

11. Gita Buana
Gita Buana adalah sebuah LSM yang berbasis di Jambi dan mengkhususkan diri dalam pengembangan masyarakat. Gita Buana telah bekerja dengan masyarakat di sekitar lanskap Berbak dan akan memainkan peran penting dalam semakin memperkuat hubungan antara masyarakat dan proyek.


12. Walestra (Wahana pelestarian DanAdvokasi Sumatera Hutan)sebuah LSM lokal dari Jambi, Sumatera Selatan, yang memiliki visi untuk mendorong pembentukan berkelanjutandan pengelolaan sumber daya alam yang demokratis. 
13. PPM-DAS Universitas Jambi (Pusat Penelitian Pengelolaan DAS - Universitas Jambi)PPM-Das Universitas Jambi visi sebuah lembah sungai yang pengelolaan DAS terpadu. itu mendirikan Pusat DAS untuk penelitiandan Pengelolaan Air dan Sumber Daya tanah dan memberikan Universitas Jambi dengan "Training Data Center Research Consultancy dan Modeling untukBatas air". 
14. Mitra Aksi Jambi (Action Jambikemitraan)LSM lokal dengan visi pemenuhan hak-hak masyarakat lokal, terutama kaum minoritas dan kelompok-kelompok marginal berdasarkan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. 
15. Universitas Gajah Mada - FakultasKehutanan (Universitas Gajah Mada- Fakultas Kehutanan)Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada bertujuan untuk menjadi pusat keunggulan dalam ilmu kehutanan tropis dan pengembangan teknologi di tingkat internasional. fakultas telah melakukan penelitian jangka panjang pada lahan gambut dan perubahan iklim dengan berbagai sumber pendanaan dari lembaga asing.16. Yayasan Setara JambiSetara adalah organisasi lokal, yang kapasitas pelatihan kelembagaan petani dan sertifikasi. Setara bekerja pada membantu kelompok petani kecil untuk lulus audit mereka untuk RoundtableMinyak sawit berkelanjutan (RSPO)sertifikasi. Setara telah membantu petanimemperoleh sertifikasi RSPO. 
17. Lembaga Cemerlang IndonesiaLembaga Cemerlang Indonesia adalah organisasi lokal yang menjamin masuknya anggota masyarakat di berkelanjutanpengembangan. Mereka adalah penyedia layanan teknologi dan inovasi seperti biogas digester. 
18. KKI WarsiWarsi dibentuk dengan maksud untuk bekerja menuju mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang dapat memenuhi kebutuhan dan menjamin kesejahteraan dan ritas prospe- dari orang-orang di masa sekarang, tanpa membahayakan kelangsungan hidup lanjutan generasi mendatang.

Diterjemahkan oleh: Sudarmanto
Baca Juga Pidato Presiden di KTT COP2i di Perancis

Lebih detail tentang Kemitraan Hijau Berbak, silahkan klik:
Ke-Hijau Berbak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar